Video

Penyembuhan Lewat Diet

Sehat dan bahagia dengan cara yang sederhana
By Dean Ornish
<
>
2 dari 3

Setiap orang menginginkan kehidupan yang sehat dan bahagia. Mereka melakukan berbagai cara untuk memperolehnya. Padahal, sejatinya kita adalah makhluk yang sehat dan bahagia sampai ada suatu hal yang mengganggu kesehatan dan kebahagiaan kita.

Kita sejatinya sehat karena tubuh kita dapat melakukan pekerjaan yang sangat luar biasa yaitu mampu memperbaiki dirinya sendiri tanpa adanya intervensi dari luar seperti obat-obatan dan tindakan medis lainnya .

Namun, berbagai gangguan dari luar seperti makanan dan gaya hidup membuat tubuh kita tidak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bebagai gangguan tersebut, menghentikannya, lalu  membiarkan tubuh Anda melakukan pekerjaannya yang luar biasa.

Diet yang tepat, gaya hidup yang sehat dan dukungan komunitas yang positif dapat mengembalikan kesehatan dan kebahagiaan Anda

Ketika Anda mengidap sebuah penyakit berbahaya,  Anda cenderung berusaha untuk menyembuhkannya dengan cara mengonsumsi obat-obatan atau  melakukan tindakan medis yang membutuhkan teknologi tinggi dan biaya yang tidak murah.

Padahal, dengan melakukan beberapa cara yang sederhana, kesehatan Anda dapat membaik dengan sendirinya tanpa perlu bantuan obat-obatan dan tindakan medis karena tubuh Anda sejatinya mampu memperbaiki dirinya sendiri dengan cepat .

Untuk memaksimalkan potensi tubuh Anda dalam memperbaiki dirinya sendiri , Anda perlu mengubah gaya hidup Anda dengan menghentikan beberapa kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Merokok merupakan sebuah gaya hidup yang tidak sehat.  Zat nikotin yang terdapat di dalam rokok dapat menyempitkan aliran darah dalam tubuh Anda, begitu juga dengan alkohol.

Namun, gangguan utama kesehatan Anda sebenarnya bukanlah rokok, nikotin atau pun lemak tinggi melainkan depresi dan kesepian. Anda merokok karena rokok dapat membantu Anda menjalani hari-hari Anda dan bersosialisasi dengan orang lain. Merokok membantu Anda terhindar dari rasa kesepian.

Begitu juga ketika Anda mengalami stres. Biasanya,  Anda akan lari ke minuman beralkohol dan makan makanan yang berlemak tinggi untuk mengurangi tekanan psikis yang Anda rasakan. Hal ini hanya membantu Anda sementara waktu, namun akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda dalam jangka waktu yang panjang.

Mengubah kebiasaan buruk ini memang tidaklah mudah. Namun, jika Anda mencoba menghentikan kebiasaan buruk ini, Anda akan menjadi lebih sehat. Peredaran darah ke otak dan jantung Anda akan menjadi lebih lancar sehingga Anda dapat berpikir dengan jernih dan memperoleh energi lebih.

Oleh karena itu, Anda perlu mengubah gaya hidup Anda yang tidak sehat ini. Mengubah gaya hidup akan membantu tubuh Anda dalam melakukan penyembuhan terhadap penyakit yang Anda derita.

Selain mengubah gaya hidup, diet yang tepat juga akan membantu tubuh Anda melakukan pekerjaannya dengan baik. Diet yang tepat tidak hanya akan membantu Anda dalam mengurangi berat badan dan meminimalisir obesitas, tetapi juga akan membuat Anda lebih sehat.

Bagaimanakah diet yang tepat itu?  Diet yang tepat bukanlah diet ketat dengan mengonsumsi sedikit karbohidrat dan banyak protein seperti diet Atkins yang cukup populer.

Diet Atkins memang dapat mengurangi berat badan Anda secara cepat, namun diet ini dapat memberikan efek samping yang berbahaya seperti penyakit tulang, penyakit ginjal, nafas bau dll.

Diet yang tepat adalah adalah dengan mengonsumsi sedikit lemak jenuh, sedikit karbohidrat jenuh, banyak makan karbohidrat tak jenuh dan cukup lemak tak jenuh. Diet ini tidak hanya akan mengurangi berat badan Anda, tetapi juga membuat tubuh Anda lebih sehat.

Terakhir, selain mengubah gaya hidup dan melakukan diet yang tepat, Anda juga membutuhkan dukungan dari kelompok atau komunitas. Dukungan dari komunitas sangatlah penting  agar Anda terhindar dari depresi dan kesepian yang merupakan gangguan utama bagi kesehatan Anda.

” Diet yang optimal adalah dengan mengonsumi sedikit lemak jenuh, sedikit karbohidrat jenuh, banyak karbohidrat tak jenuh dan cukup lemak tak jenuh ”

 

Dean Ornish

<
>
2 dari 3
Baca di Pimtar App Lihat video
Buku
dr. Arifianto, Sp.A & dr. Nurul I. Hariadi, FAAP
Siap Menghadapi Berbagai Masalah Kesehatan Anak Sehari-Hari
Video
Sophie Scott
Fakta Menarik Dibalik Tertawa yang Tidak Anda Ketahui h
Buku
Mohammad Fauzil Adhim
Menjalin Kedekatan dan Mendampingi Anak Menuju Masa Depan
Buku
Azimah Subagijo
Kiat Bebaskan Diri dan Keluarga dari Kecanduan Gadget
Buku
Michael Breus, Ph.D.
Maksimalkan Potensi Tubuhmu Pada Waktu yang Paling Efektif
Video
Russell Foster
Fakta Menarik Tentang Tidur