Buku

The Art of Thinking Clearly

Rahasia Pengambilan Keputusan dengan Pikiran Jernih
By Rolf Dobelli

The Art of Thinking Clearly (2013) mengungkapkan rahasia penting dalam pengambilan keputusan sehari-hari, baik untuk masalah personal maupun bisnis, dari perspektif psikologi, dan perilaku manusia. Di dalam Pimtar ini, Anda akan memahami cognitive error yang seringkali terjadi dalam keseharian dan belajar mengatasinya. Sehingga Anda dapat memilih dan mengambil keputusan dengan lebih jernih.

Siapa penulis buku ini?

Rolf Dobelli adalah penulis, novelis dan entrepreneur asal Swiss. Ia meraih MBA dan Ph.D nya di bidang filsafat ekonomi. Dobelli juga dikenal sebagai pendiri dan kurator Zurich. Minds, yaitu komunitas para pemikir, ilmuwan, dan seniman paling terkemuka.

Dobelli paling dikenal karena karya bukunya “The Art of Thinking Clearly” ini, yang berada di peringkat 1 daftar bestseller di Eropa dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia. Buku ini memberikan perspektif yang cerdas, segar, informatif dan jelas tentang bagaimana pikiran kita bekerja, khususnya dalam pengambilan keputusan.

Untuk siapa buku ini?

Siapa pun yang tertarik di bidang psikologi. Siapapun dengan keputusan-keputusan penting yang harus dibuatnya dalam kehidupan sehari-hari.

The Art of Thinking Clearly

Seni berpikir lebih jernih dengan memahami cognitive error dalam kehidupan sehari-hari

Kegagalan untuk berpikir secara jelas dan jernih, atau yang secara ilmiah disebut cognitive error, seringkali menjadi kesalahan rutin sehari-hari. Sangat memprihatinkan ketika kesalahan tersebut berulang dan mengikuti pola yang sama. Buku ini membagikan 99 cerita dan pengalaman yang menjelaskan cognitive error yang umumnya dihadapi sehari-hari.

Kumpulan cerita dan pengalaman tentang cognitive error yang disajikan dalam buku ini, akan membantu Anda untuk melihat dengan lebih jelas dan jernih. Sehingga dapat membuat keputusan dengan lebih baik. Buku ini tidak memberikan langkah-langkah pengambilan keputusan yang bebas dari kesalahan, tetapi membantu Anda mengenali cara berpikir Anda yang keliru, baik dalam pekerjaan, urusan pribadi, dan kehidupan sehari-hari.

Beberapa insight menarik yang akan Anda pelajari dari buku ini antara lain:

  • apa yang menjadi cognitive error dalam keputusan sehari-hari;
  • kenapa orang cenderung lebih memilih berdasarkan apa yang ada;
  • apa yang dimaksud bias perbandingan sosial dan efek kontras dalam keputusan sehari-hari;
  • mengapa orang cenderung menyukai cerita yang memikat dan menarik, dibanding penjelasan yang sesungguhnya; dan
  • apakah pengambilan keputusan dapat begitu melelahkan, terutama ketika Anda dihadapkan dengan banyak pilihan.
Baca di Pimtar App Beli Buku Ini
Buku
Victor Hugo
Sukses Berkarier Sesuai dengan Kepribadian Anda
Buku
Robert B. Cialdini
Sains dan Praktik tentang Membangun Pengaruh
Video
Michael Shermer
Mengungkap kebenaran dari sebuah keanehan melalui ilmu pengetahuan
Buku
Erbe Sentanu
Teknologi Aktivasi Kekuatan Hati
Video
Ken Robinson
Renungan tentang Metode Pendidikan di Sekolah
Video
Adam Grant
Dan Manakah yang Lebih Dibutuhkan Organisasi?