Buku

Start Something That Matters

Memulai Sesuatu yang Bermakna dan Berdampak Bagi Orang Lain
By Blake Mycoskie

Start Something That Matters (2011) menegaskan pentingnya berbagi dan melakukan  kontribusi bagi kehidupan sesama, termasuk dalam bisnis. Di dalam Pimtar ini, Anda akan belajar bahwa bisnis sekalipun, dapat bertumbuh dengan komitmen untuk berbagi. Terdapat  prinsip yang dapat dipelajari untuk memulai sesuatu yang berdampak bagi banyak orang.

Siapa penulis buku ini?

Blake Mycoskie adalah entrepreneur yang mendirikan brand sepatu TOM, perusahaan yang dikenal dengan prinsip One For One, dimana untuk setiap pembelian sepasang sepatu TOM berarti berbagi sepasang sepatu dengan anak-anak yang membutuhkan. TOM dibangun dari the story of giving dan telah menjadi brand besar yang kini dikenal orang-orang di dunia.

Ia pertama kali terinspirasi membangun bisnis sepatu TOM saat perjalanannya di Argentina, ketika melihat masih banyak anak di pelosok negeri bertelanjang kaki dan tidak bersepatu. Ia pun membangun bisnis sepatu TOM yang prinsip utamanya adalah giving. TOM merupakan singkatan dari “Tomorrow’s Shoes” yang memberikan motivasi “a better tomorrow”.

Untuk siapa buku ini?

Siapasaja yang ingin memulai mengerjakan sesuatu yang berdampak bagi sesama dan banyak orang. Setiap orang di organisasi, perusahaan, dan entrepreneur yang ingin membangun bisnisnya tanpa melupakan nilai sosial yang berdampak.

Start Something That Matters

Mulailah melakukan sesuatu yang bermakna dan hadirlah untuk memberi dampak

Bisnis tidak melulu tentang profit dan pencapaian. Blake Mycoskie membuktikannya saat mulai membangun bisnis sepatu TOM, yang kini sudah dikenal di berbagai negara di dunia. Ia mulai melakukan sesuatu yang bermakna lewat ide bisnisnya. Terinspirasi dari perjalanannya ke Argentina dan melihat betapa banyak anak-anak di pelosok yang membutuhkan sepatu.

Ia melihat bisnis dari nilai-nilai sosial yang berdampak. Tidak hanya untuk keuntungan jangka pendek, tetapi menemukan cara untuk bisa berbagi dalam jangka panjang. Setiap penjualan sepasang sepatu TOM berarti berbagi sepasang sepatu bagi anak yang membutuhkan di pelosok negara mana pun. Prinsip yang dibangunnya ini disebutnya One For One. Dan terus bertumbuh juga berdampak, hingga saat ini.

Banyak hal inspiratif yang dapat Anda pelajari dan praktekkan dari buku ini, antara lain:

  • temukan apa passion Anda dan mulailah project Anda, kemudian bagikan kisah Anda;
  • bagaimana menghadapi rasa takut saat menjalani bisnis;
  • bagaimana tetap membangunkreativitas bahkan di tengah keterbatasan;
  • kenapa perlu membangun dan mempertahankan sesuatu agar tetap sederhana; dan
  • kenapa harus membangun kepercayaan dan terus berbagi.
Baca di Pimtar App Beli Buku Ini
Video
Tapiwa Chiwewe
Tips Bagi Anda yang Ingin Mengubah Dunia
Buku
Prof.Yohannes Surya,Ph.D
Rahasia Sukses Meraih Impian
Buku
Imam Al Ghozali
Hakekat Cinta Sejati Seorang Hamba
Buku
Arvan Pradiansyah
Tujuh Rahasia untuk Hidup Bahagia
Video
Tony Robbins
Memahami Motivasi Manusia dalam Melakukan Sesuatu
Video
Salman Khan
Sebuah Pelajaran dari Khan Academy