Buku

Cantik, Gaya dan Tetap Kaya

Tetap Cantik dan Gaya Tanpa Merasa Bersalah
By Prita Hapsari Ghozie


Judul: Cantik, Gaya dan Tetap Kaya
Penulis: Prita Hapsari Ghozie
Penerbit: Elex Media Komputindo
Terbit: Januari 2018
Tebal: xxvii+235 hal
 

Cantik, Gaya dan Tetap Kaya

"Biaya hidup itu murah. Biaya pamer mahal."

Prita Ghozie

 

Apa yang diimpikan banyak kaum perempuan? Buku ini tidak sedang menawarkan mimpi, namun akan menuntun Anda bagaimana agar selalu cantik, tampil penuh gaya, dan tetap hidup berkecukupan.

Hal pertama yang diingatkan oleh penulis buku, cantik dan gaya itu perlu biaya, butuh uang yang tidak sedikit untuk dibelanjakan. Karena itu, agar hidup kita tetap bermartabat, keuangan pribadi/keluarga perlu dikendalikan, diatur, serta dikelola secara bertanggung jawab.

Ada dua langkah yang disarankan; Pertama, hitung dulu kekayaan yang Anda miliki saat ini. Pisahkan antara aset konsumsi (yang digunakan sehari-hari) dan aset investasi (untuk memperoleh pendapatan). Lalu kurangi dengan semua utang yang Anda miliki untuk mengetahui apakah kekayaan Anda positif, nol, atau kondisinya justru negatif.

Kedua, ikuti kemana saja semua uang Anda itu pergi. Catat seluruh pengeluaran, evaluasi, dan intip di pos mana penghematan bisa dilakukan. Biasanya, penghematan bisa dilakukan untuk pos paling tidak penting berdasarkan standar hidup Anda sendiri.

Nah, hidup yang indah dan sejahtera tentu saja mensyaratkan kepemilikan aset dan arus kas yang positif. Jika kondisi Anda justru sebaliknya, maka yang perlu dilakukan  adalah segera meningkatkan pendapatan atau melakukan tindakan penghematan dengan cara mengerem sejumlah pos pengeluaran.

Untuk itu Anda perlu memiliki good money habit,  yaitu senantiasa sayang duit dan tidak hanya menuruti keinginan belanja impulsif.

Dalam buku ini, Anda juga akan belajar tentang utang yang baik, yakni pinjaman yang digunakan untuk hal produktif seperti investasi, dan utang yang buruk, yaitu pinjaman yang terjadi akibat sering mengumbar syahwat konsumtif. 

Jadi waspadalah! Jangan cantik dan gaya hanya cuma modal utangan.

Membaca buku ini, meski di bagian tertentu menyajikan istilah-istilah keuangan, semestinya tidak akan membuat Anda berkerut kening. Prita Ghozie -- seorang financial planner dan dosen -- menjelaskan lika-liku soal perencanaan keuangan secara gamblang dan sederhana.

Misalnya, bagaimana cara agar Anda tetap cantik dan gaya tanpa merasa bersalah? (bab 4). Anda juga akan diajak untuk menciptakan hidup yang Anda inginkan sebagai sosialita (bab 5).

Tak hanya mengajari Anda jurus jitu mengatur duit, buku ini tak lupa memberikan panduan untuk menghasilkan uang lebih banyak. Anda juga akan dituntun untuk berinvestasi jika belum memulainya. Serta akan diberikan gambaran yang mencukupi  jika ingin memulai usaha sebagai womanpreneur.

Buku ini tidak hanya bagus untuk kaum perempuan dan para istri, tapi penting juga sebagai referensi kaum pria dan para suami yang ingin bahagia dan sejahtera bersama pasangan.

Baca di Pimtar App Beli Buku Ini
Video
Arianna Huffington
Pengaruh tidur terhadap kesuksesan
Buku
Tung Desem Waringin & Ongky Hojanto
Cara Cepat Melipatgandakan Kekayaan Anda
Video
Jason Shen
Tonjolkan Kemampuan, bukan Pengalaman
Buku
Ippho Santosa dan Shamsi Ali
Kenapa Menikah itu Mengayakan
Buku
Allan dan Barbara Pease
Seni Membaca Bahasa Tubuh untuk Meningkatkan Hubungan dan Kinerja
Buku
Tony Buzan
Cara Cemerlang Menjadi Bintang di Tempat Kerja